Jangan panggil saya Waode, itu bukan nama saya.

Kita adalah makhluk unik, yang sering dalam perjalanan hidup gelisah dan mencari identitas diri, siapa diri kita sebenarnya.

Begitu juga dengan saya. Menginjak SD kelas 4 atau 5 (persisnya saya lupa), saya mengungkapkan satu statement berani, “Jangan panggil saya Waode,itu bukan nama saya”. Kecil-kecil saya sudah mem -brainwash teman2 saya untuk tidak memanggil saya begitu lagi. “Bukan nama, Waode itu bukan nama.” pidato saya di depan teman2 lelaki*karena emang kebanyakan temannya cowok.
“itu hanya gelar,dan namaku ya muzdalifana”..”dan panggil saja Pia”. Untuk menghindari orang2 memanggil dengan nama itu, saya menyuruh mereka memanggil dengan nama kecil saya ,Pia.

Kurang jelas mengapa, saya tidak nyaman dengan panggilan “Waode”. Di otak (yang ukurannya tak sebesar sekarang) kecil saya, itu hanya lah imbuhan atas nama saya yang sebenarnya. Jadi, orang-orang salah kalau memanggil begitu,
Tapi, hal itu tidak berlaku buat guru-guruku, tak ada nama lain. Titik, ndak pake koma atau tanda tanya.

Yang mengherankan, Bapak kok menambahkan kata-gelar itu di depan nama saya, padahal kedua kakak saya tidak. Sungguh aneh bin ajaib.

Dan, penderitaan itu pun berakhir. Saat pindah ke kampung, saya tak dipanggil begitu lagi, bahkan oleh guru sekalipun. Di sana banyak, Waode bertebaran..:).

*ps, di ibukota, aku pun pasrah kembali dipanggil “Waode”.

Advertisements

6 thoughts on “Jangan panggil saya Waode, itu bukan nama saya.

  1. kadang2 gelar2 itu bikin nda nyaman ya.kalo cuma ngebaca nama, orang2 suka manggil Pak ke saya, juga gara2 kata di depan nama yg mirip nama laki2. ufth…

  2. pianochenk said: @yaya,Yap,bikin g nyaman. Karena tau bkan “punya” kita.

    kalo dipikir2, berat tanggungjawabnya. tapi tidak setuju or tdk suka tidak serta merta membuat kita bisa melepas nama depan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s