Almost kolak

Kolak, begitulah namanya. Makanan pabuka yang sering menjadi favorit kami di bulan puasa.
Waktu kecil, ayah pasti akan selalu menginstruksikan mama untuk membuatnya selama ramadhan.
Namun, semua terhenti saat ayah sakit dan lalu wafat, kolak pun kehilangan tempatnya saat ramadhan.
Sore ini, saya kembali ke dapur, menyiapkan menu berbuka. Melihat pisang yang nangkring di kulkas, hati pun tergerak. Ah, sepertinya saatnya pia membuat kolak.
Jumlah pisang yang tak seberapa, ditambah yang puasa cuman saya dan mama, maka bahan2 yang dipakai pun juga tak banyak. Pisang secukupnya, labu kuning secukupnya, gula merah secukupnya, garam, air secukupnya, dan daun pandan.
Santan, kali ini tak diperlukan. Makanya namanya “almost kolak” karena tak memakai santan. Kenapa? Itu rahasia..nanti saja diceritakan.
Semua bahan dicampur, di dalam panci, rebus hingga masak. Gampang banget, pokoknya kalo gak jadi berarti emang bukan rejeki:-P.

Penampakan Kolak the Almost^^

*pabuka=makanan berbuka, ta’jil.

Advertisements

14 thoughts on “Almost kolak

  1. @mas Catur, kolaknya limited edition..cuman bwt aku dan mama:-P@mb sukma, fotonya gak kelihatan ya mb? Posting dr hp, jd pinjem link di flickr, ternyata gak sukses.

  2. yap, yang aku baca di koran, kolek emang ga terlalu baik buat kesehatan, selain kadar gulanya tinggi, karena santannya itu juga mengandung lemak, jadi, nggak perlu sering2

  3. @haya, sebenarnya bsa juga bikin yang sehat, kurangin gula dan santan. Yang berlebhan emang gak baek.@raya, datang mo ko. Tapi, apa adanya na..@ai, yahh, curcol dia. Dicuba dung, kalo gak belajar kapan bisanya. Enak gak enak resiko, tanggung sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s