Manajemen Keuangan.

Judulnya canggih sekali. Tapi apakah isi postingan ini secanggih judulnya, mari kita lihat saudara-saudara.

Sebenarnya ini curhatan saya tentang perubahan kebijakan finansial yang saya alami.
Kalau dulu, saya adalah orang yang sangat perhitungan, bahkan rela berjalan kaki demi menghemat ongkos, sekarang sangat berbeda.
Aliran uang dari kantong atau rekening sangat tidak terawasi, tak ada perencanaan. Kini, saya lebih memilih naik ojek atau naik taksi, padahal jaraknya dekat, atau masih bisa ditempuh dengan angkot. Selain itu, saat berbelanja, kini saya tidak pernah menghitung total harga belanjaan. Pokoknya, semua prinsip ekonomi hemat cermat sudah saya tinggalkan.
Belum lagi, di era online kayak sekarang, total pengeluaran buat internet dan belanja online meningkat. Hampir tiap minggu, ada saja barang yang dikirimkan ke rumah. Meskipun, banyak juga diantaranya adalah barang jualan saya.
Mungkin, pepatah ini benar juga, “Earn more, spend more”. Karena sekarang, sudah bekerja, maka kebutuhan dan keperluan saya semakin bertambah. Sehingga berbanding lurus dengan pengeluaran saya.

Ataukah mungkin di antara mpers yang punya tips-tips keuangan yang mumpuni?*kedip2, agar saya tidak terjerumus ke lembah krisis finansial personal??
Advertisements

14 thoughts on “Manajemen Keuangan.

  1. Hohoho.. Gitu deh. Harta akan selalu habis. Makanya ulama bilang kalo harta kita yg sebenarnya itu dari sedekah kita.Aku sebenernya orang yg perhitungan, tapi ada kalanya melupakan hal itu dan lantas kaget sendiri setelah uang habis dibelanjakan. Hoho.. Dulu pernah ngikutin cara istrinya Tasaro Gk, dgn membagi uang perhari ke dalam amplop2. Ga boleh pake uang di rekening kec utk keperluan mendesak. Lumayan sukses. Tapi cuma sebulan :p

  2. yah kurang lebih sama lah Pi. betulbetul boros dalam setahun ini. :(kalo saya ngebagi2 per pos kebutuhan: uang kost, daily, dst. yang pasti harus ada disisihin sejumlah tertentu di rekening yg lain. yah kadang tekor juga sih, tapi setidaknya adaji yg “aman” tiap bulannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s