Lil’ shake, this morning

Pagi tadi kota Kendari di sapa dengan gempabumi. Pukul 08.45 WITA, sebuah guncangan terjadi di 25, 6 KM Barat Daya Kota Kendari. Dalam magnitudo 3,0 skala Richter, walaupun kecil dalam skala seismologi, tapi rupanya besar di atas permukaan, dan terasa oleh banyak orang. Gempa ini terjadi di kedalaman 11 km di bawah permukaan.

tampilan sinyal gempa

Kota Kendari, adalah kota yang rupanya dianugerahi dengan berkah geologi. Dilalui patahan Lasolo yang membentang dari arah Barat Laut ke Tenggara, dan memicu pergerakan disekitarnya. Sesar ini skalanya besar, yang bisa menghasilkan banyak sesar lokal. Seperti yang ada di daerah Kolono (lokasi gempabumi 25 April 2011, 6.0 SR), dan di tempat gempa tadi pagi.
Gempa tadi pagi juga adalah gempa darat, dan dangkal. Kategori yang bisa merusak banyak bangunan, apalagi kalau magnitudo (besar)nya lebih besar. Tapi, juga merupakan pembatal tsunami, gempa di darat bukan pemicu tsunami.
Daerah ini secara seismik tergolong sedang, tak terlalu aktif seperti segitiga maluku utara, sumatera, selatan jawa atau papua, namun guncangan sebesar 3 skala Richter bisa membuat masyarakat resah, karena memang jarang terasa. Sehingga, sebagai manusia kiat harus terus berdoa, semoga gempabumi ini hanya pengingat saja. Bukannya azab karena kita banyak khilaf dan alpa.
Advertisements

4 thoughts on “Lil’ shake, this morning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s