Me vs Penjual Ikan Keliling

Alkisah, di daerah sekitar rumah ada beberapa penjual ikan keliling yang ber”edar”.

Mereka umumnya para wanita “perkasa” yang menjunjung dagangannya di kepala.

Pagi sekitar pukul 7 hingga pukul 10 waktu berdagangnya.

Nah, dari sekian banyak pedagang ini, saya punya satu yang saya labeli “jangan-beli-sama-dia-karena-mahal-sekali-dan-tak-mau-ditawar” (pfuuuuhhh, panjangnyooo^^).

Sudah beberapa kali pembelian ikan dari ina yang ini, dan tak sekalipun harga ikannya tak mau diturunkan. Bahkan, dianya sering sampai bersumpah (lebay sih), “Da tapotong kepalaku kalo sa bohong, modalnya hanya segini kasian..!”.

Jadiiii, dua hari yang lalu terjadilah transaksi bersejarah. Walau bukan saya sendiri pelakunya (melainkan melalui sepupu namun atas petunjuk saya). Harga ikan yang semula Rp 20.000 ,- berhasil turun ke Rp 18.000,-, sungguh suatu prestasi.

Mulanya dia tak mau. “Pia, ndak mau turun.” sepupuku melapor saat penawaran kami dibuka di harga Rp 15.000,-
Tujuh belas ribu, mo.”Β  seru saya ke sepupu, lanjutkan penawaran, haha.

Tidak bisa kasian, ” ina menolak.

Janganmi pale, sudahmi.” saya kekeuh di angka Rp 17.000,-

Namun, “Delapan belas ribu, Pia. Bagemana?” tawaran baru. Wooow, langka.

Oke, ambilmi pale.” Deal!

Akhirnya, saya bisa menawar ikan di ina tersebut. Sejarah baru, me vs ina penjual ikan-yang-biasanya-tak-mau-ditawar.

*ket

tapotong = terpotong

penggunaan -mi, pale, kasian dkk adalah imbuhan lokal Kendari, coba deh sekali2, hehe.

Advertisements

9 thoughts on “Me vs Penjual Ikan Keliling

  1. emangyah yang namanya perempuan terlebih sudah jadi IBU insting “menawarnya” pasti muncul, berjuang mati-matian supaya harga turun meski cuma “gopek” ahahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s