Hoax Pembuat Runyam

Malam Kamis beberapa minggu yang lalu, saya dikejutkan oleh berita di twitter. “Pesawat Lion Air jatuh di konawe” dari akun @KendariTa. Bagaimana tak terkejut, teman saya baru saja berangkat dari Kendari sore itu, dan kalau tak salah dengan maskapai yang sama. Segera saya menelpon teman saya itu. Alhamdulillah, ternyata dia sudah sampai dengan selamat di Makassar.

SMS dari teman saya kemudian menyadarkan saya,

“Kak, darimana kita dapat beritanya?”

Tabayyun. Cek-ricek dulu berita yang sampai ke kita, jangan-jangan cuma hoax. Saya lupa bertabayyun!

Dan benar ternyata, kabar itu rupanya hoax belaka :(.

Saya sempat “geram” dengan para penyebar hoax, ingin rasanya “membejek-bejek” orang-orang yang hobinya buat kerusuhan itu. Ingin berkonfrontir dengan akun-akun tersebut. Tapi, apa daya, saya tak punya “bakat” bertengkar, baik di dunia nyata apalagi di dunia maya.

Pelajaran dari peristiwa ini adalah selalu tabayyun dalam menerima berita atau isu, sehingga kita tak terjerumus menjadi si penyebar hoax.

———————-

Beritanya bisa dilihat di sini

7 thoughts on “Hoax Pembuat Runyam

Leave a Reply

