#Random08 | Jaman Daring

Daring : dalam jaringan, online

Pagi-pagi yang dicari bukan lagi makanan, tapi HP, hehe. Mulai dari balas pesan, buka medsos sampai  browsing berita.
Nah, bicara masalah berita online, akan banyak aspek menariknya. Berita yang mudah diakses, kapan saja dan dimana saja (asal ada jaringan dan kuotanya) membuat kita akan selalu terbaharui (updated) setiap saat. Namun, sayangnya di sisi mudahnya inilah kelemahan berita online. Banyak kali ditemui para penulisnya kurang mengecek kebenaran alias tanpa mewawancarai atau mencari tahu sumber beritanya. Bahkan ada yang hanya bermodalkan kemampuan menerjemahkan seadanya, cukup menyalin dari sumber berita online luar negeri.
Kalau kasus yang terakhir sebenarnya dari dulu sudah banyak terjadi pada situs berita abal-abal yang isinya hanya gosip murahan dan berita-berita hoax. Namun, yang mirisnya itu, akhir-akhir ini, media-media online besar (yang sudah punya nama) juga ikut-ikutan. Pernah saya tanyakan pada kawan (ehem, dia blogger juga), kenapa bisa berita “sampah” kayak begitu bisa lolos? Akunya karena penulis berita atau artikel diberi target yang sangat besar tiap harinya. Target yang bisa menurunkan kemampuan penulis untuk menyaring berita atau artikel yang mereka tulis. Hmmm. Persaingan keras di dunia media online memang tak main-main. Setelah era media cetak, media online adalah lahan yang sangat basah. Semua ingin jadi yang paling depan dan cepat memberikan berita bagi pembaca hingga mengorbankan kualitas.
Jaman daring buat semua informasi mudah masuk, baik dan buruk. Di tangan kitalah akhirnya keputusan untuk mengambil yang baik dan membuang yang buruk.

#hari ke-8, lumayan panjang juga niy B-)

Advertisements

One thought on “#Random08 | Jaman Daring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s