1 gelar dari Thailand

Pekan ini adalah kali ketiga di tahun 2016 turnamen berkelas Grand Prix Gold (GPG) digelar. Setelah India, Thailand menjadi tuan rumah turnamen Thailand Masters GPG 2016 yang digelar tanggal 8 Februari sampai 13 Februari, hari ini.

Gelaran turnamen Thailand Masters adalah turnamen yang naik peringkat, karena tahun lalu masih berlevel International Challenge (IC). Namun, dari segi penyelenggaraan, rasanya seperti Super Series. Thailand memang belum kebagian jatah Super Series dari BWF, tapi melihat keseriusan panitia dan antusias penonton bukan tidak mungkin beberapa tahun lagi mereka akan menjadi penyelenggara salah satu rangkaian turnamen Super Series.

Dari sekian puluh pemain Indonesia yang berlaga di sini, hanya satu wakil yang bertahan pada babak final. Juara Dunia 2015, ganda putra andalan kita Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan berjumpa dengan wakil Korea Selatan, Kim Gi Jung-Kim Sa Rang (selanjutnya KGJ-KSR). Pasangan berperingkat 2 dunia ini tidak diharuskan meraih gelar, namun jika dilihat dari peringkat dan kapasitas, sudah seharusnya mereka  juara.

Melawan pasangn Korea yang terkenal ulet dalam bertahan dan sudah pernah bertemu sebelumnya 7 kali, Ahsan-Hendra harus melalui pertarungan 3 game. Di game pertama, mereka tertinggal 12-21. Kesalahan-kesalahan sendiri terutama setelah interval banyak dilakukan Ahsan dan Hendra. Lalu pada game kedua, mereka bangkit dan membalas dengan skor 21-15. Game ketiga, ganda Indonesia bermain lebih agresif. Memimpin 11-4 hingga interval dan pindah tempat, Ahsan-Hendra berhasil menekan KGJ-KSR hingga mencapai angka 21-12. Gelar perdana mereka di 2016, dan juga gelar GPG pertama mereka.

Tiga turnamen GPG di awal tahun dengan 1 gelar di tiap turnamen untuk Indonesia. Hasil yang lumayan untuk pembuka tahun 2016. Turnamen penting selanjutnya adalah Pertandingan Beregu Asia yang juga adalah ajang kualifikasi Piala Thomas dan Uber, di Hyederabad-India yang berlangsung pekan depan. Semoga dapat hasil terbaik buat Tim Indonesia, aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s