Pertama untuk Kevin, Kedua bagi Sinyo

Note: Sinyo is nickname for Marcus Gideon Fernaldi

Hari yang cerah buat penggemar bulutangkis Indonesia sebab setelah beberapa tahun (tiga tepatnya) akhirnya ada final antara sesama pemain Indonesia di ajang Super Series.
Adalah Angga Pratama-Ricky Karanda Suwardi yang bertemu Marcus Gideon Fernaldi-Kevin Sanjaya di partai puncak sektor Ganda Putra India Terbuka Super Series 2016. Ganda-ganda pelapis kedua setelah Ahsan-Hendra di Pelatnas PBSI ini maju ke final setelah berhasil menundukkan lawan-lawan yang tak mudah dan kebanyakan adalah unggulan di turnamen ini.
Angga-Ricky sendiri berhasil menundukkan Ko Sung Hyun-Shin Baek Cheol di semi final, unggulan asal Korea yang minggu lalu menggagalkan upaya mereka juara di Selandia Terbuka Grand Prix Gold 2016. Sedangkan Marcus-Kevin berhasil menaklukkan juara tahun lalu, Chai Biao-Hong Wei di babak dua.
Pertandingan berlangsung cepat setengah jam kurang satu menit. Dari awal pasangan Marcus dan Kevin menampilkan pertandingan menyerang. Dengan kecepatan terutama Kevin di depan net dan smah-smash berkekuatan penuh, mereka mampu membuat Angga-Ricky terus tertekan. Skor terakhir 21-17 dan 21-13, Marcus-Kevin menjadi juara ganda putra turnamen India Terbuka Super Series 2016.
Gelar ini menjadi gelar Super Series pertama kali bagi pasangan yang menjalani debutnya di All England tahun lalu. Gelar Super Series pertama juga untuk Kevin Sanjaya. Sementara buat Sinyo (panggilan Marcus), gelar Super Series kedua setelah di Perancis Terbuka 2013 saat masih berpartner dengan Markis Kido.

Ganda putra bukan satu-satunya wakil Indonesia di final kali ini. Masih ada ganda campuran yang diwakili Riky Widianto-Richi Puspita Dili (dan mereka memang hanya satu-satunya pasangan ganda campuran yang dikirim dari Indonesia). Melaju ke final Super Series untuk kedua kalinya setelah Singapura Terbuka 2014, mereka terpaksa menyerah dari ganda Cina, Lu Kai-Huang Yaqiong dua game langsung. Meski kalah, ini adalah prestasi terbaik Riky-Richi setelah beberapa bulan dipisah dan baru dipersatukan kembali awal tahun.

20160403_IOSS_KevinMarcus Angga Ricky2

Kevin-Marcus (kiri) di podium bersama Angga-Ricky (kanan) (badmintonindonesia.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s