161 menit saja!

161 menit (based on @bwfmedia) adalah waktu yang dibutuhkan bagi Greysia-Nitya menghadapi ganda Jepang, Fukuman-Yonao di semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia (BAC) 2016 kemarin malam dengan skor akhir 21-13 19-21 22-24. 161 menit atau 2 jam 41 menit itu juga akhirnya tercatat sebagai rekor (dunia) bagi bulutangkis karena menjadi pertandingan dengan waktu terlama dalam era skor terbaru dengan sistem rally point.

Normalnya sih, satu pertandingan bulutangkis menghabiskan waktu rata-rata 50 menitan, maka pertandingan mereka kemarin bisa mencakupi 3 pertandingan biasa, hehe :-P. Bisa dibayangkan bagaimana pegalnya mereka yang nonton, yang jadi wasit, penjaga garis, pelatih, komentator dan terutama sang pemain, pfyuuhh. Pertandingan semalam yang menguras tenaga dan emosi juga banyak dikomentari pebulutangkis dunia yang rata-rata kagum dan menyatakan rasa hormat buat kedua pasangan.
Memang sih melawan ganda putri Jepang itu harus siap capek. Tak jarang, pertandingan mereka memakan waktu sejam-an. Mereka kuat bangetlah pokoknya, betah sekali di lapangan, hihi. Bahkan, hari sebelumnya, Fukuman dan Yonao hampir 2 jam bermain di lapangan, 117 menit. Defence kokoh dan stamina kuda jadi kuncinya. Dan, ditambah tiket ke Rio B-)
Jadi Fukuman-Yonao ini lagi mengejar peluang untuk jadi ganda putri ke-2 Jepang yang bisa ikut Olimpiade Rio 2016. Kesempatan mereka terakhir di Kejuaraan Asia ini, dengan catatan harus menjadi juara. Saingan mereka, pasangan Korea Chang-Lee sudah kalah di semifinal. Tak heran mereka begitu semangat di semifinal tadi malam menghadapi ganda kita dan mampu mengukir peluang ke Rio.
Di final hari ini, Fukuman-Yonao akan berhadapan dengan rekan sendiri, Matsumoto-Takahashi, dan menciptakan rekor final sesama ganda putri Jepang di Kejuaraan Asia setelah beberapa tahun selalu dikuasai ganda China. Pertanyaan banyak orang, akankah Jepang “main sabun” demi meloloskan kedua ganda tsb ke Rio?? Kita lihat saja sebentar, final akan dimulai jam 13.00 WIB di Wuhan, China.

image

*foto dari FB Rudy Roedyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s