Tentang Maag

#tulisan ini karena banyak yang nyasar di sini akibat postingan yang ini

Jadi, sudah beberapa bulan ini dosis kapsul habbatusaudah minyak saya kurangi. Awalnya sih karena sering lupa. Tapi lama-lama jadi keterusan. Sekarang saya hanya minum 3 kapsul habbatusaudah di pagi hari bersama air hangat yang sudah dicampur madu. Minumnya itu tetap sesudah makan, karena herba ini termasuk herba panas.
Sakit maag membuat saya harus memperhatikan makan, tiap hari mesti teratur-pagi, siang dan malam. Tapi yang repotnya itu jamnya yang sering molor, ini yang buat perut jadi rentan sakit. Orang dengan sakit maag sebisa mungkin harus memaksa diri agar tidak telat makan (harus!!).
Selain itu, mesti menjaga pikiran biar tidak dilanda stress. Stress kadangkala buat kita lupa atau malas makan. Stress yang saya rasakan akhir-akhir ini biasanya dari kerjaan yang tiba-tiba banyak dan sulit buat dikerjaan. Cara mengatasinya? Minta tolong ke teman. Saya sekarang tidak mau jadi sok seperti Wonder Woman yang bisa segalanya. Jika tidak tahu, saya pasti langsung minta bantuan teman.
Satu lagi, sebisa mungkin hindari makanan atau minuman pencetus kambuhnya maag. Kalau saya sih yang pedas, asam dan yang terlalu dingin. Makanan yang mengandung santan dan mengandung gas kayak nangka dan kangkung. Walau jadinya pilihan untuk dimakan jadi sedikit, tak mengapa demi perut sehat.
Soal obat-obatan maag, sebisa mungkin saya hindari. Obat diminum hanya pada saat rasa nyerinya sudah tak tertahan lagi.

Sekian saja tips kesehatan dari saya, semoga ada manfaatnya, aamiin.

Selamat berpuasa teman.

Leave a Reply

