Gelar Perpisahan Berry-Rian

Thailand Terbuka Grand Prix Gold 2016 akhirnya berakhir Ahad kemarin. Dari puluhan wakil Indonesia, hanya 2 yang akhirnya bertahan di partai puncak. 

Adalah pasangan Berry Anggriawan-Rian Agung Saputra serta Sony Dwi Kuncoro yang bertarung di final turnamen tersebut. Bagi Berry dan Rian, final ini adalah final pertama mereka di tahun ini setelah penghujung tahun lalu mencetak hasil impresif. Tahun ini mereka selalu terpuruk di babak-babak awal dan hanya sempat mencapai semifinal di Australia Terbuka. Sementara buat Sony, final ini adalah capaian yang melegakan sebab langkahnya selalu kandas di putaran-putaran awal yang diikutinya paska Singapura Terbuka 2016. 

Bertemu pasangan muda Jepang, Takuto Inoue-Yuki Kaneko, Berry-Rian dipaksa bermain dalam tekanan di gim pertama. Mereka pun menyerah 17-21. Ganda Jepang yang mengandaskan Fajar Alfian-Muh. Rian di semifinal tersebut adalah kombinasi pemain kidal yang mempunyai smash keras dan pemain bertangan kanan yang memiliki kaki dan antisipasi yang cepat. Berry-Rian yang lebih berpengalaman lebih sabar di gim kedua dan jarang melakukan kesalahan sendiri sehingga unggul 21-14. Pertandingan lalu dilanjutkan ke gim ketiga.

Babak penentuan berlangsung ketat, bahkan sampai menyentuh angka 18-18. Sekali lagi, pengalaman dan ketenangan Berry dan Rian mengantarkan mereka meraih 3 angka beruntun sekaligus meraih gelar juara Thailand Terbuka 2016.

Gelar ini mungkin adalah gelar terakhir Berry-Rian. Setelah Thailand Terbuka, mereka akan maju ke turnamen Super Series dengan pasangan berbeda. Rian akan bertandem dengan Hendra Setiawan, sementara Berry berduet dengan Moh. Ahsan. Tukar pasangan Berry-Rian dengan Juara Dunia 2015 tersebut disebabkan “hasil buruk” kedua pasangan selama tahun ini sekaligus penyegaran di jajaran ganda putra PELATNAS. 

Sedangkan dari tunggal putra, Sony gagal meladeni gempuran wakil tuan rumah, Tanongsak Saensomboonsuk dan kalah 15-21 16-21.

Advertisements

3 thoughts on “Gelar Perpisahan Berry-Rian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s