Operasi Gigi

Seumur-umur ya Allah baru ngerasain operasi. Alhamdulillah hanya operasi gigi.

Jadi, sakitnya itu di sini, hehe, udah sebulan kalo ga salah inget. Awal bulan lalu lalu siy masih bisa ditahan. Ada radang juga, tapi ditahan-tahan sakitnya. Gigi geraham bungsu sebelah kanan bawah ini emang udah lama bolongnya. Dua tahun lalu (kalo ga salah inget) udah pernah dirawat dan disuruh cabut. Bukan cabut biasa, harus di-operasi, kerennya odontektomi. Dokter giginya itu adekku sendiri, maka ngeleslah dan nunda-nunda melulu jadinya, haha.   Prokrastinasi hingga 2 tahun membuahkan gigi yang sakitnya bukan main. Puncaknya di tanggal 1 kemarin. Nyut-nyut hingga tak bisa tidur @_@

Operasinya dilakukan hari ini, karena benang jahitnya baru dibeli tadi pagi. Dimulai dengan berkumur air yang ditetesi betadine, gusi dan rahang disuntik bius. Tapi tak ada reaksi setelah 1 dosis bius diinjeksikan, belum ada rasa kebas. Adekku menambah dosis bius lagi, bahaya jika masih ada rasa sakit disaat gigi dicabut. Alhamdulillah, rasa kebas akhirnya terasa.

Operasi pengangkatan gigi geraham bungsu pun dilakukan. Akar yang masih tersisa dibersihkan. Prosesnya cepat, hanya sekitar 30 menitan, karena memang gigi hanya tersisa hanya sekitar 40% saja. Lainnya sudah hancur bersama waktu (tsaaah). 

Karena menimbutkan sobekan yang cukup luas dan dalam, maka lukanya harus dijahit. Ga banyak, hanya beberapa jahitan saja. Setelah selesai, saya diharuskan menggigit kapas khusus dan meminum obat buat luka operasinya. 

Efek setelah operasi gigi/ odontektomi yang pasti ada rasa nyeri (sedikit), tapi setelah minum penghilang nyeri lumayan berkurang.

Bagi yang punya geraham bungsu yang tumbuhnya ga normal (atau impaksi), segera aja konsultasi ke dokter. Kalau ditunda-tunda bisa berbahaya loh (katanya dokter)!

Salam sehat ๐Ÿ™‚

Advertisements

5 thoughts on “Operasi Gigi

  1. Aq jugaaa. Setelah bbrp tahun yll dicabut, eh numbuh lagi skrg yg di sebelah kanan. Sempat sakit, ke puskesmas, tapi blm ke RS buat dicabut. Bpjs bermasalah heuw. Enaknyaaa punya adek dokter gigi. Nggak melayang uang 2jutaaa ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s