Piala Thomas & Uber 2018, semifinalis & perempatfinalis.

Kejuaraan bulutangkis Piala Thomas dan Uber tahun 2018 akhirnya selesai pada Minggu, 27 Mei yang lalu. Keluar sebagai juara China di Thomas dan Jepang di Uber. Indonesia kebagian medali perunggu atau semifinalis di Thomas dan perempatfinalis di Uber.

Pencapaian Indonesia ini meleset dari target. Target juara di Piala Thomas meleset setelah tim putra kita kalah 2-3 dari China di semifinal. Sementara tim putri juga tak capai target semifinal setelah dihempas Thailand 2-3 di perempat final.

Banyak pihak yang memperkirakan kalau Indonesia bisa juara Piala Thomas tahun ini, setelah dua tahun lalu hanya jadi runner up. Saya sendiri juga memperkirakan yang sama awalnya, sampai akhirnya kejuaraan mendekati waktunya. Saya jadi pasang target pasrah saja, tak mau berharap banyak. Melihat kekuatan negara lain yang sangat berimbang dan membandingkannya dengan Indonesia membuat saya berpikir demikian. Apalagi China, negara ini menurut saya adalah kandidat terkuat juara piala Thomas dengan sektor tunggal dan ganda yang kuat. Dan ternyata benar, China akhirnya juara setelah mengalahkan kandidat kuat lainnya, Jepang di final.

Tim putra kita sekarang menurut saya tidak sekuat tim putra dua tahun lalu. Apalagi di bagian tunggal yang kurang konsisten. Anthony dan Jonatan yang dulu sangat impresif penampilannya, kali ini sering kehilangan fokus dan tak semangat. Padahal pengalaman mereka sudah banyak di even beregu dan tak bisa dianggap junior atau pemula lagi. Di ganda, Ahsan dan Hendra kembali jadi tumpuan, padahal mereka sudah kurang “menggigit”, beda dengan dua tahun lalu. Di sektor ini, pelatih juga tak berani mengocok pemain. Padahal strategi ini sangat sukses waktu Kejuaraan Beregu Asia Februari lalu.

Kejuaraan ini telah selesai, selanjutnya Asian Games Agustus nanti di Jakarta. Bulutangkis menjadi satu cabang yang diharap menyumbang emas, baik beregu dan perseorangan. Realistis? Saya tidak tahu. Nomor yang punya peluang paling besar adalah ganda putra dari Kevin-Marcus, karena pasangan inilah yang paling konsisten saat ini. Semoga saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s