Recommended Dramas in 2018

Di 2018 ini, saya berhasil menyelesaikan beberapa drama Korea. Drama-drama tersebut memiliki genre dan cerita yang beragam, mulai dari yang bikin sedih hingga buat ketawa. Beberapa drama yang saya rekomendasikan di antaranya,

  • Welcome to Waikiki/Eulachacha Waikiki (20 Episode, JTBC)

Drama yang tayang Februari hingga April ini awalnya hanya untuk 16 episode, namun kemudian diperpanjang hingga 20 episode. Bercerita tentang tiga orang pemuda yang mengelola penginapan (guesthouse) di Itaewon, Seoul dan dibantu oleh saudara dan teman.

Menonton Waikiki membuat perut sakit karena sangat lucu. Dengan format seperti sitkom amrik, kita pasti selalu terhibur dengan tingkah lucu keenam penghuni guesthouse Waikiki-Kang Dong Goo, Lee Joon Ki, Bong Doo Sik, Han Yoon Ah, Kang Seo Jin dan Min Soo Ah.

  • Miss Hammurabi (16 episode, JTBC)

Drama ini menarik karena diangkat berdasarkan novel yang ditulis oleh seorang hakim di Korea Selatan. Penulis novelnya, Moon Yoo-seok, juga menjadi penulis skenario drama ini.

Karena yang nulis memang hakim (asli), maka cerita tentang pengadilan di Korea di dalamnya sangat terlihat realistis.

  • Life (16 episode, JTBC)

Berasal dari penulis yang sama dengan drama hits tahun lalu, Stranger (Secret Forest), Life bercerita tentang perebutan kekuasaan di sebuah rumah sakit universitas.

Kalau drama rumah sakit lainnya banyak menekankan di sisi medisnya, maka drama ini pengecualian. Life lebih condong menjadi drama office-politic ketimbang medical drama dan sangat berat menyoroti sistem pelayanan kesehatan Korea Selatan.

  • Still 17/Thirty but Seventeen (32 episode
    format 35 menit , SBS)

Woo Seo Ri, seorang pemain biola berbakat, berusia 17 tahun saat mengalami kecelakaan hingga 13 tahun kemudian dia bangun dari komanya. Saat dia bangun, dia kehilangan kontak dengan keluarganya. Perjalanan Woo Seo Ri mendapatkan keluarga baru dan menapak mimpi yang baru menjadi cerita utama di drama ini.

  • Life on Mars (16 episode, OCN)

Genre drama ini time-travelling tentang seorang polisi yang koma dan dalam masa komanya kembali ke masa lalu.

  • Just Dance/Dance Sport Girls (16 episode
    format 35 menit , KBS)

Diangkat dari dokumenter berjudul yang sama, tentang klub Dance Sport di sebuah sekolah kejuruan di Geoje, sebuah kota kecil di provinsi selatan Korsel. Coming of Age drama yang sangat menyentuh dan sangat realistis menggambarkan perjuangan seorang gadis dan ke-enam temannya mencari kebahagian mereka di akhir masa sekolah.

  • SKY Castle (20 Episode, JTBC) (sementara tayang)

Genre drama SKY Castle adalah black comedy, satire. Drama ini menyindir sistem pendidikan Korea yang sangat “memuja” nilai.

  • Children of Nobody/Red Moon Blue Sun (32 episode
    format 35 menit, MBC) (sementara tayang)

Drama misteri thriller tentang teka-teki pembunuhan para orangtua yang menelantarkan dan menyiksa anaknya yang melibatkan sosok misterius, Red Cry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s