Jasa Pembuatan Tesis

Sore kemarin seorang teman menghubungi via WA. Awalnya dia berbasa-basi. Setelah beberapa saat, masuk ke tujuan utamanya. Dia bertanya apa saya punya kenalan yang bisa membuatkan tesis.

Reaksi saya pertama kaget, ndak nyangka bakal ditanya hal itu. Kaget awalnya, tapi lama-lama ndak terlalu terkejut.

Hmm, how would I make it in a sentence. Bagaimana menjabarkannya, ya?? Sebenarnya sudah jadi rahasia publik kalo jasa pembuatan skripsi, tesis, atau tugas itu ada dan banyak. Di media sosial bahkan iklannya banyak. Jasa-jasa ini bisa ada karena pengguna dan peminatnya juga ada bahkan banyak, Ada permintaan, maka pasarnya pasti ada.

Banyak faktor yang mendorong orang untuk memanfaatkan jasa ini. Mungkin karena memang tidak mampu, atau tidak mau, malas, atau juga karena sibuk.

Kembali ke teman saya lagi. Setelah pertanyaannya itu, saya hanya menjawab dengan emotikon dan tanda tanya dobel. Kemudian percakapan kami pun berhenti.

Soal pembuatan tesis, karena saya juga akan masuk ke tahap itu, saya beranggapan kalau memang tahap itu akan sangat sulit. Tapi, menurut saya lagi, sulitnya kalau tidak dimulai dan ditekuni. Segala sesuatu kalau tidak dimulai tidak akan bisa selesai. Setelah dimulai, juga harus ditekuni biar cepat selesai dan mendapatkan hasil yang baik.

Mengenai pemanfaatan pihak ketiga dalam pembuatannya, saya pikir masih bisa dibenarkan asalkan persentasenya tidak lebih besar dari yang empunya tesis. Tapi kalau 100% atau sama sekali bukan hasil karyanya, itu sudah termasuk penipuan dalam dunia akademik.

Leave a comment