Gen Z.

“Ini! ” seorang mahasiswi yang berdiri di depan kotak loket Akademik yang mungil sambil menyerahkan surat berkasnya dengan nada yang kurang sopan. Ibu pegawai Akademik Fakultas pun tak segan menegurnya. “Aduh Adek, yang sopan dong. Salam dulu kek, basa-basi,” ujarnya sambil tetap menerima dan membaca surat sang mahasiswi (disclaimer: due my poor my memory, her dialogue was paraphrased by me).

Saya yang menyaksikan peristiwa itu hanya bisa tertawa. Another example of Gen Z, generasi yang dianggap kurang punya sopan santun dan tata krama. Karena memang saya beda generasi dengan mereka, jadi saya cukup maklum dan cukup tahu dengan hal-hal seperti ini.

Basa-basi, tata krama, dan sopan santun sebenarnya adalah budaya kita, bangsa Indonesia. Dan ini biasanya diwariskan, diajarkan serta dicontohkan dari generasi ke generasi. Namun sepertinya untuk generasi yang paling akhir ini ada proses yang terputus dalam menurunkan nilai-nilai ini. Entah salah di generasi sebelumnya atau emang Generasi Z yang punya masalah dalam menerima, menyerap, dan menginterpretasikan nilai-nilai tersebut.

Leave a comment